Pemkab Solok Jalin Kerjasama Antar Daerah Dengan Kota Padang

    Pemkab Solok Jalin Kerjasama Antar Daerah Dengan Kota Padang

    PADANG -    Pemerintah Daerah Kabupaten Solok menjalin kerjasama antar daerah, bersama Kota Padang. Penandatanganan  kesepakatan kerjasama itu dilakukan oleh Bupati Solok diwakili Asisten I Drs. Syahrial, MM, Selasa, 15 November 2022, bertempat di Gedung Putih Kediaman Resmi Wali Kota Padang.

    Tak hanya dengan Kabupaten Solok, Pemerintah Kota Padang juga menjalin kerjasama antar daerah dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Padang Pariaman yang penandatanganannya juga dilakukan di waktu yang bersamaan.

    Hadir langsung dalam kesempatan itu, Wali Kota Padang Hendri Septa. Sementara dari Pesisir Selatan dihadiri oleh Wakil Bupati Rudi Hariyansyah, serta Bupati Padang Pariaman yang diwakili Asisten II Zainil.

    Penandatanganan perjanjian kerjasama itu pun disaksikan oleh Gubernur Sumbar yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setdaprov Andri Yulika. Turut hadir Sekda Kota Padang Andree Algamar bersama sejumlah pimpinan OPD di lingkup pemerintah daerah setempat.

    Wali Kota Padang Hendri Septa dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang sangat menyambut baik dan mengapresiasi atas telah dilakukannya kerjasama antar daerah tersebut.

    *Kerjasama ini sangat berarti penting bagi kita bersama. Sebagaimana tujuannya adalah, untuk meningkatkan kelancaran dan optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam rangka peningkatan pelayanan publik masing-masing pihak dengan ruang lingkup sesuai Undang-undang (UU) No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Permendagri No.22 Tahun 2020, " ujar Wako Padang Hendri Sapta.

    Dijelaskan Wali Kota Padang, sesuai ruang lingkup kesepakatan bersama dalam jangka waktu lima tahun ini, diantaranya meliputi urusan pemerintahan wajib terkait pelayanan dasar dan yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar, urusan pemerintahan pilihan serta unsur penunjang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

    Disebutkan Hendri, inti dari tujuan kesepakatan bersama ini adalah agar semua yang terlibat mampu mengintegrasikan dan mengoptimalkan pengelolaan potensi dan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien, guna meningkatkan kemampuan kinerja masing-masing pihak dalam pengembangan tugas, fungsi dan misi dalam mendukung peningkatan pembangunan nasional, daerah dan kesejahteraan masyarakat.

    Hendri Sapta berharap, kedepannya kesepakatan bersama yang terjalin dapat ditindaklanjuti oleh masing-masing pihak, sebagaimana potensi tindak lanjut dari kerjasama tersebut yang meliputi bidang kesehatan, perdagangan, perhubungan serta pariwisata, pendidikan, komunikasi dan informatika. Kedepan, juga diharapkannya, kerjasama tersebut dapat dikembangkan pada bidang-bidang lainnya.

    Turut hadir bersama Assisten I Syahrial, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, Kabag Kerja Sama, Sekretaris Pertanian, Kabag Perekonomian dan Kabag Prokomp Setdakab Solok. (*)

    padang solok kabupaten solok sumbar sumatera barat kerjasama antar daerah bupati solok epyardi asda
    JIS Sumbar

    JIS Sumbar

    Artikel Sebelumnya

    Kodim 0312/Padang Buka Secara Resmi Kegiatan...

    Artikel Berikutnya

    Wako Solok Tandatangani Nota Kesepahaman...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    TV Parlemen Live Streaming
    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Pimpin KTT World Water Forum, Panglima TNI Sambut Kedatangan Presiden Jokowi Di Bali
    Banyak Kalangan Berharap Kasus Karen Diputus Hakim Berdasarkan Keadilan dan Ketuhanan yang Maha Esa
    Satgasud PAM VVIP KTT World Water Forum Amankan Wilayah Udara Bali

    Ikuti Kami